Background

Konsentrasi UNAS Batasi Aktifitas Bermain Siswa

Tidak maksimalnya hasil ujian Try Out yang digelar serentak Dinas pendidikan Pacitan baru-baru ini, membuat prihatin kalangan pendidik. Tidak berlebihan, mengingat dari sekitar 12.277 siswa baik tingkat SLTP maupun SLTA sederajat, tingkat kelulusanya hanya berkisar antara 16 hingga 19 persen.

Sutrisno, salah seorang aktifis pendidik di Pacitan mengatakan, buruknya hasil uji coba ujian ini menunjukkan belum adanya kesiapan siswa dalam menghadapi ujian nasional. Kendati diakui, dari hasil evaluasi umum dengan memperhatikan standart kelulusan (SKL), soal yang digunakan dalam Try Out kemarin memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi. ehingga banyak siswa yang kesulitan mengerjakan, terlebih pada pelajaran yang berkaitan dengan angka seperti matematika dan Fisika.

Untuk itu dengan waktu sisa kurang lebih satu setengah bulan ini, diharapkan siswa lebih berkonsentrasi dengan pelajaran serta mengurangi jam bermain. Selain itu peran orang tua juga sangat menentukan, mengawasi dan mengarahkan puta-putrinya saat berada di rumuah. Sutrisno yang juga kepala sekolah SMP Negeri satu Pacitan itu mengatakan, saat ini siswa terus berlatih pengayakan soal ujian meskipun sampai dilakukan diluar jam kelas. Bahkan pertengahan pebrruari ini masih ada dua kali try out, baik dari wilayah kerja madiun maupun dari sekolah masing-masing.

Dikaui Sutrisno, banyaknya kegiatan bersifat hiburan merupakan hal terberat bagi para siswa. Terlebih, menghadapi momen peringatan hari jadi Pacitan 19 Pebruari ini, banyak sekali kegiatan serta hiburan yang disajikan. Namun demikian, Ia optimis para siswa ini dapat mengikuti ujian dengan hasil baik jika semua pihak mendukung. Justru yang harus diwaspadai adalah pemberlakuan sisitim ujian kali ini yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Dikhawatirkan siswa akan menyepelekan ujian, karena aturran baru membolehkan siswa yang tidak lulus mengulang kembali. Selain ada ujian utama masih ada ujian susulan serta ujian ulangan. Sekali lagi Sutrisno menekankan kepada siswa agar eetap mengedepankan sekali ujian sekali selesai.

Sumber : http://pacitankab.go.id

Categories: Share

3 Responses so far.

  1. Anonim says:

    hai bos!

  2. Sib untuk Berita nya Nice Blog Bekjung ya sob ane jga pacitan hehehe

    http://masrendra.info

  3. Anonim says:

    Bagus Postingnya
    prediksi UN 2010 http://warnet-q.blogspot.com/